(4/7/2017) SELASA, Telah dilaksanakan penandatangan nota kesepakatan bersama (MoU) antara BMKG dan Universitas Indonesia (UI) bertempat di gedung B 101 FMIPA UI tentang Pemanfataan Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara STMKG dengan UI tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Tujuan dari nota kesepakatan bersama (MoU) adalah untuk meningkatkan kerjasama dan juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk dapat menunjang tugas pokok dan fungsi masing-masing serta mendukung pembangunan nasional khususnya dibidang MKG dan pendidikan.

Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng bersama Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met menandatangani nota kesepakatan bersama (MoU) antara BMKG dan UI dilanjutkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Ketua STMKG Dr. Suko Prayitno Adi, M.Si dengan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc.

Acara dilanjutkan kuliah umum oleh Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng. Beliau menjelaskan mengenai keadaan BMKG dari jaman dulu hingga jaman sekarang yang telah mengalami kemajuan yang pesat sehingga BMKG di percaya menjadi Presiden RA V Asia Pasifik dan anggota Dewan Eksekutif Komisi Kelautan Antar-bangsa. Beliau menyampaiakan bahwa perkembangan BMKG tak lepas dari perkembangan teknologi yang didukung dengan Sumber Daya Manusia yang mumpuni, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia maka BMKG banyak melakukan kerja sama dengan Universitas lain baik dalam maupun luar negeri, salah satunya Universitas Indonesia. Selain itu beliau juga menyampaikan proses pengamatan hilal yang dilakukan untuk penentuan awal puasa dan penetapan Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Acara penandatangan MoU dan Kerjasama di saksikan oleh para Dosen Universitas Indonesia, Dosen STMKG, Taruna dan Taruni STMKG serta Mahasiswa / mahasiswi UI yang juga bertepatan dengan Halal Bi Halal FMIPA UI (1 Syawal 1438 H). -krs

Leave a Comment