Perkuliahan dilaksanakan secara sistem paket dengan metode ceramah, penggunaan multimedia, praktikum, diskusi, presentasi, simulasi, dan pembimbingan akademik.

 

Pembinaan Mental (Bintal)

Penghargaan Taruna Berprestasi

Taruna/i yang memiliki prestasi memperoleh Angka Prestasi sesuai jenis dan kategori prestasi yang diraihnya. Apabila berhasil mencapai nilai Angka Prestasi 100 akan mendapatkan penghargaan dari Ketua STMKG.

 

Kuliah Lapangan Instrumentasi

Taruna/i Program Studi Diploma-IV Instrumentasi dapat belajar dan berlatih secara langsung lewat Kuliah Lapangan Instrumentasi yang dilaksanakan di Taman Alat STMKG, Laboratorium Kalibrasi BMKG, Pusat Jaringan Komunikasi BMKG, dan Stasiun Geofisika Tangerang.

 

Praktik Kerja Lapangan

Taruna/i Program Studi Diploma-IV Instrumentasi STMKG berkesempatan untuk meningkatkan keahlian (skill) dalam perawatan, pemeliharaan dan kalibrasi peralatan, serta instalasi peralatan pendukung pengamatan, penyelesaian masalah jaringan komunikasi, penyebaran data dan perbaikan peralatan yang  biasanya dilaksanakan di daerah

 

Kuliah Kerja Nyata

Taruna/i menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi instrumentasi untuk mendukung pengamatan dibidang meteorologi, klimatologi dan geofisika bagi masyarakat.