Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Selamat datang di website Program Studi (Prodi) Diploma-IV Instrumentasi MKG, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (STMKG), semoga dapat memperoleh informasi yang lengkap terkait informasi yang Anda perlukan.

Prodi Instrumentasi MKG didirikan tahun 2012 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 24/E/O/2012 tanggal 20 Januari 2012. Tahun 2013, dilakukan peningkatan jenjang Program Studi dari Diploma III menjadi Program Diploma IV/Sarjana Sains Terapan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 230/E/O/2013 tanggal 12 Juni 2013 Tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi D-IV Instrumentasi-MKG pada Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Prodi Instrumentasi MKG, membekali taruna/i sesuai perkembangan teknologi yang diperlukan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baik teori maupun praktek di bidang instrumentasi dan kalibrasi peralatan meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika; jaringan komunikasi; database serta teknik elektronika sebagai ilmu dasar. Prodi Instrumentasi MKG dalam proses belajar mengajar didukung dengan Laboratorium Elektronika, Mikroposesor, mikrokontroler dan Perancangan Sistem, Jaringan komunikasi dan Laboratorium Fisika Dasar serta Cisco Networking Academy. Prodi Instrumentasi MKG siap untuk memberikan wadah bagi taruna/i yang mempunyai keahlian dan ketrampilan khusus yang tidak secara langsung berhubungan dengan bidang pengajaran meteorologi klimatologi dan geofisika misalnya Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan ketrampilan lain yang igin dikembangkan

Prodi Instrumentasi MKG, sebagai tempat menimba ilmu sekaligus berkomitmen memberikan sumbangsih yang terbaik untuk kemajuan BMKG dimana sampai dengan tahun 2017 telah menghasilkan lulusan sebanyak 3 (tiga) angkatan.

Selamat bergabung dan meluangkan waktu sejenak untuk melihat-lihat Program Studi Instrumentasi MKG STMKG, bersama kita bisa dan siap membangun program studi ini lebih baik lagi. Insya Allah.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

 

Ketua Program Studi Instrumentasi MKG

 

Drs. Agus Tri Sutanto MT