Instrumentasi-MKG

PRODI D-IV INSTRUMENTASI-MKG

PENELITIAN UNGGUL PERGURUAN TINGGI: PROGRAM STUDI INSTRUMENTASI-MKG LAKSANAKAN PEMASANGAN SISTEM PERINGATAN DINI BANJIR DI KECAMATAN PONDOK AREN

Tangerang Selatan (26/10)—Program Studi Instrumentasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (Instrumentasi-MKG) Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) melaksanakan pemasangan perdana sistem peringatan dini banjir berbasis Internet of Things (IoT) di Kelurahan Perigi Lama, Kecamatan Pondok Aren. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, 26 Oktober 2023 yang diikuti oleh Tim Penelitian Unggul Perguruan Tinggi (PUPT) Instrumentasi-MKG STMKG.

Kegiatan dimulai dengan persiapan Tim PUPT di Kampus STMKG untuk memastikan bahwa seluruh perlengkapan yang diperlukan tersedia dan dapat berfungsi dengan baik. Pada kegiatan perdana ini, Tim PUPT berfokus pada pemasangan sensor Automatic Rain Gauge (ARG) yang berfungsi untuk menghitung intensitas curah hujan. Selain itu, dilakukan pula konfigurasi sensor dengan perangkat IoT sehingga informasi curah hujan dapat diakses secara daring untuk mempermudah pemantauan. 

Anggota Tim PUPT Instrumentasi-MKG, Dimas Aditya Wiranata menyampaikan bahwa sensor ARG yang dipasang pada kegiatan perdana ini merupakan salah satu sensor yang akan diintegrasikan dengan sistem peringatan dini banjir. Dimas menjelaskan bahwa pada kegiatan berikutnya akan dipasang pula sensor ultrasonik untuk memberikan data ketinggian air. Hasil integrasi sensor-sensor ini kemudian menjadi suatu sistem peringatan dini banjir yang akan memberikan informasi secara daring dan peringatan bagi masyarakat sekitar melalui sirene dan lampu peringatan.

Pada penutupan kegiatan, Dimas menyampaikan bahwa pemasangan komponen sensor lainnya akan secepatnya dilaksanakan karena menunggu proses perakitannya di Kampus STMKG. Dengan dilaksanakannya pemasangan sistem peringatan dini banjir ini, diharapkan dapat mempermudah pemantauan oleh STMKG serta memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Pewarta: Ahmad Meijlan Yasir

Komentar anda