Instrumentasi-MKG

PRODI D-IV INSTRUMENTASI-MKG

PENGUATAN KOMPETENSI PENGURUS: ITARSI STMKG GELAR PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

Tangerang Selatan (31/1)—Ikatan Taruna Instrumentasi (ITARSI) Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Karakter (Pendikar) sebagai sarana upgrading skill bagi pengurus ITARSI STMKG. Kegiatan Pendikar ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Instrumentasi-MKG, Sekretaris Program Studi Instrumentasi-MKG, Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta peserta dari pengurus ITARSI STMKG Angkatan 2022. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 31 Januari 2024 di Ruang Kuliah Umum (RKU) STMKG.

Foto Bersama Peserta dengan Pembicara

Sumber: Dokumentasi Panitia

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Maulana Malik Ibrahim yang bertindak selaku Pembawa Acara. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, Dzaki Nawar Heda yang menjelaskan bahwasanya kegiatan Pendikar ini memiliki peran yang sangat penting dalam pembinaan sumber daya manusia yang berkualitas. Dzaki menegaskan bahwasanya kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga para pengurus memiliki pengetahuan dan kemampuan yang memadai untuk melaksanakan program kerja organisasi dengan efektif.

Sesi dilanjutkan dengan penyampaian oleh Ir. Djoko Prabowo, M.Si., selaku Ketua Program Studi Instrumentasi-MKG STMKG yang menceritakan terkait pengalaman belajar dan bekerja di BMKG. Djoko mengajak para peserta untuk berdiskusi terkait makna penting dalam setiap pengalaman hidup masing-masing. Djoko menjelaskan bahwa dari pengalaman tersebutlah para peserta dapat belajar menjadi pengurus organisasi yang berkarakter.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama berjudul “Pendidikan Berbasis Karakter” oleh Agustina Rachmawardani, M.T. selaku Sekretaris Prodi Instrumentasi-MKG. Agustina menjelaskan bahwa individu yang bisa dipercaya, bertanggung jawab, adil, peduli, menghormati orang lain, serta warganegara yang baik adalah ciri-ciri individu yang berkarakter. Agustina berpendapat bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berlandaskan keimanan dan keilmuan akan menghasilkan individu-individu yang berkarakter.

Sesi Pemaparan Materi 

Sumber: Dokumentasi Panitia

Pemaparan materi kedua disampaikan oleh Dr. Giarno, S.Si., M.Si., yang menjabat sebagai Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Materi yang berjudul “Menjadi Taruna yang Produktif Riset” memberikan wawasan baru pada para peserta tentang pentingnya riset dan  publikasi ilmiah bagi taruna. Riset yang dilakukan akan membe Giarno memberikan kiat-kiat pada para peserta untuk menjadi taruna yang produktif riset melalui langkah manajemen waktu yang baik.

Kegiatan diakhiri dengan sesi permainan. Pada sesi ini, peserta terlihat sangat antusias karena permainan yang diberikan berkaitan erat dengan tujuan dari kegiatan Pendikar ini. Para peserta yang diminta saling bercerita dan mengambil pembelajaran satu sama lain berhasil membangun karakter baik serta rasa kekeluargaan antar pengurus. Dengan diadakan Pendikar perdana ini, pengurus ITARSI STMKG diharapkan dapat memiliki karakter pengurus yang baik sehingga mampu melaksanakan setiap program organisasi. 

Pewarta: Ahmad Meijlan Yasir

Komentar anda